Rabu, 27 April 2016

Manfaat Pelukan Orang Tua Kepada Anak

Pelukan untuk Anak, Sunah Rasulullah yang Berkhasiat Luar Biasa
Manfaat Pelukan Orang Tua Kepada Anak
SUDAHKAH, memeluk anak anda hari ini? Banyak yang merasa
risih dan menyepelekan perlakuan yang tampaknya kecil ini.
Tapi tahukah anda? Perlakuan kecil ini ternyata berdampak cukup besar terhadap anak. Mulai dari timbulnya rasa percaya diri dari anak, merasa disanyangi, dan diperhatian

Ya, pelukan ternyata bukan hanya perwujudan kasih sayang tapi juga memiliki manfaat fisik dan pisikologi. Bagi anak, pelukan yang penuh kelembutan merupakan sesuatu yang menenangkan dan dapat membantu mengoptimalkan proses tumbuh kembangnya.

Rasulullah bersabda, “Sungguh orang yang tidak mau menyayang (sesamanya), maka dia tidak akan disayang.” (riwayat Al-Bukhari)


Pelukan seorang Ayah dapat menjadi media untuk mentransfer kemandirian dan keberanian. Anak yang sering mendapat pelukan ayah cenderung menjadi anak mandiri, tidak penakut, dan lebih kuat dalam berinteraksi dalam kehidupan sosialnya.


Tak heran jika banyak anak perempuan yang dekat dengan Ayahnya akan tumbuh sebagai pribadi yang tangguh. Tentu tak heran pula jika banyak para gadis kemudian berusaha mencari dan menikahi laki-laki pujaannya kelak yang memiliki sifat dan sikap seperti ayah yang dikaguminya.

Sedangkan pelukan dari ibu akan mentransfer sifar penuh kasih atau empati pada anak. Ibu itu figur afeksi, yang ketika anak sakit, ia akan memeluk anak maupun mengambilkan obat untuk anak. Anak yang sering mendapat pelukan ibu akan menjadi pribadi yang mudah memberikan kasih sayang atau rasa simpati kepada orang lain.

masihkah kita mengabaikan keperluan anak untuk dipeluk dan disayangi setiap harinya? Yang terpenting, ini merupakan sunah Rasulullah yang tentu saja membawa kebaikan di dunia dan di akhirat.




Hamba Allah yang hidup dalam kesederhanaan, berjuang agar istiqomah di jalan kebenaran, serta senantiasa berupaya untuk berbagi kebahagiaan.

Terima kasih sudah membaca. Jangan lupa tinggalkan komentar yang sopan. Nggak perlu promosi link blog, kalo sering-sering mampir, pasti dapet feedback kok. Tanpa para pembaca, blog ini bukan apa-apa. Hehe. Salam, Kevin Ramda Putra (@kevinramda).
EmoticonEmoticon